Saturday, April 22, 2017

Berapa lama waktu belajar Mandarin sampai mahir

Berapa lama menguasai Bahasa Mandarin?

 

Saya sering mendapatkan pertanyaan semacam ini, khususnya dari calon murid. Jawabannya sangatlah relatif, disamping bergantung dari guru yang mengajar, juga bergantung dari kerajinan dan ketekunan murid dalam belajar. Apakah murid mau menyelesaikan tugas yang diberikan guru, apakah murid menyempatkan waktu untuk belajar di luar jam kursus? Apakah resource anda belajar hanya terbatas pada guru? Itu semua sangat mempengaruhi kecepatan anda belajar. Dan tentunya juga seberapa banyak kosa kata yang ingin anda kuasai. Sebagai contoh salah seorang murid kami telah lulus HSK 4 hanya dalam waktu 2 bulan dengan frekuensi 3x seminggu.

 

Cara Belajar Mandarin yang Cepat dan Sudah Terbukti


Hal penting yang perlu anda ketahui adalah nilai pelajaran di sekolah tidak menjamin kemampuan anda dalam berbahasa Mandarin, apakah itu seminggu sekali atau bahkan setiap hari sekalipun, sehingga tidak jarang orang tua merasa terheran-heran mengapa nilai anaknya di sekolah selalu tinggi, namun begitu diperhadapkan dengan ketrampilan praktis bertanya jawab dengan native speaker, barulah diketahui bahwa kemampuan anaknya jauh dari harapan.

Oleh karena itu, sebagai tolak ukur kemampuan anda yang sebenarnya, sangatlah disarankan anda mengikuti ujian HSK ( Hanyu Shuiping Kaoshi = Ujian Level Mandarin ). Ujian ini dibagi menjadi 6 level, HSK 1 sampai HSK 6.  Konten ujian ini dibagi dalam 3 item, yaitu: 听力(Listening), 阅读(Reading) dan 书写(Writing).
HSK 1 dan 2 termasuk level Basic
HSK 3 dan 4 termasuk level Intermediate
HSK 5 dan 6 termasuk level Advanced

Kalau anda masih ingin menguji kemampuan 口语(Speaking), anda bisa mengikuti ujian yang dikhususkan untuk tujuan tersebut yang disebut HSKK ( Hanyu Shuping Kouyu Kaoshi ), yang dibagi menjadi 3 level:
HSKK Basic untuk level HSK 1&2
HSKK Intermediate untuk level HSK 3&4
HSKK Advanced untuk level  HSK 5&6

Jadi kalau anda sudah lolos minimal HSK 4 ( higher intermediate ) dan HSKK Intermediate,  barulah anda mampu berkomunikasi dalam Mandarin dengan cukup baik. Pada umumnya, apabila anda ingin bekerja ataupun melanjutkan studi ke China atau Taiwan, usahakan lolos HSK 4 dengan score min 210. Tentu saja kalau anda bisa mendapatkan full score ( 300 ), itu jauh lebih baik☺

Untuk mencapai tujuan itu, Mandarin Corner menawarkan paket mahir setara HSK 4 intensif selama 108 jam, 1.5jam X 72 kali pertemuan, yang akan selesai ditempuh dalam waktu 6 bulan mulai dari nol, apabila dalam seminggu anda bisa meluangkan waktu 3x pertemuan ( @1.5 jam ). Program ini jauh lebih efektif dan menguntungkan dari program belajar secara reguler yang ada di sekolah, sekolah tinggi, universitas maupun tempat kursus lainnya. Mengapa? Karena anda dibimbing secara pribadi oleh guru yang telah berpengalaman mengajar selama lebih dari 20 tahun, mulai dari kalangan TKI sampai mahasiswa S3 yang mensyaratkan kelulusan menguasai bahasa ini.  Bagi yang tidak bisa meluangkan 3x pertemuan per minggunya, waktu yang diperlukan sampai selesai tinggal menyesuaikan saja.

Percaya atau tidak, sebagai perbandingan, apabila anda mengambil kursus persiapan bahasa di negara China atau Taiwan, biasanya secepat-cepatnya akan memakan waktu satu tahun. Apabila anda bisa mengambil kursus persiapan bahasa tersebut di sini dengan waktu yang lebih singkat dan biaya yang jauh lebih murah ( bandingkan tuition fee saja selama setahun di Shanghai yang mencapai lebih dari Rp 100 juta ) mengapa tidak? Karena dengan belajar di mandarin corner, anda tidak akan mengalami kendala komunikasi saat belajar, sebab pengajar mengerti 3 bahasa sekaligus: Indonesia, Inggris dan Mandarin, baik Mandarin China (Simplified) maupun Taiwan (Traditional), tidak seperti guru native yang hanya mengerti bahasanya sendiri, apalagi oleh guru-guru yang tidak mengerti tentang TCFL ( Teaching Chinese as a Foreign Language ), itu semua hanya akan membuat anda give up learning. Oleh sebab itu proses belajar juga menjadi lebih cepat, bahkan lebih cepat daripada anda belajar di negara China atau Taiwan sekalipun! 

Percaya atau tidak, dengan belajar di sini, anda menghemat banyak waktu dan tentunya total biaya juga menjadi jauh lebih murah; karena kualitas pembelajaran satu sesi/pertemuan di sini setara dengan 2-4x sesi belajar di tempat lain! On top of that, I can even take your English to the next level in the process, because our books are bilingual. :) 



Apa manfaat HSK 4?


Bagi yang belum mengetahui apa yang bisa dicapai dengan program HSK level 4. Program ini ditujukan bagi mereka yang ingin mampu berkomunikasi baik secara lisan atau tertulis dalam kehidupan sehar-hari, membaca artikel dan ingin menempuh ujian HSK level 4. Bisa juga dipakai sebagai syarat untuk melanjutkan kuliah di China. Dengan program ini anda sudah menguasai 1200 kata beserta grammar point yang terkait dan dapat berkomunikasi dalam Bahasa China dalam berbagai topik dengan lancar dengan penutur asli bahasa Mandarin. Sedianya program ini ditujukan untuk siswa yang telah belajar bahasa Mandarin 2-4 jam per minggu, selama empat semester (dua tahun akademik), tetapi di tempat kursus kami anda bisa menyelesaikannya dalam setengah tahun mulai dari nol, tidak perlu lulus ujian HSK 1,2,atau 3 terlebih dulu ( meskipun anda tentu saja boleh mencobanya ); dan yang terpenting anda berhasil mengantongi sertifikat HSK yang berlaku di seluruh dunia, bukan sekedar sertifikat yang dibuat oleh tempat anda kursus, melainkan langsung dikeluarkan oleh Chinese Testing International yang berpusat di Beijing, China. asal anda berkenan menyelesaikan tugas yang diberikan per pertemuan. Pernahkah anda bayangkan keuntungan yang anda dapatkan dengan memiliki sertifikat ini? You are more globally competitive either in working or your further studies. Believe me! Terlebih sekarang banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan kemampuan berbahasa Mandarin ( Menguasai Bahasa Mandarin lebih diutamakan ). 

Sejauh ini, saya hanya pernah mengikuti ujian HSK dua kali saja, yang pertama di tahun 2002 di Universitas Kristen Petra Surabaya, waktu itu masih Old HSK dan saya langsung mengambil tes Intermediate level, dan mendapat nilai A, setara level 8 dari total 11 level.  Btw, ujian Old HSK ini soalnya jauh lebih sulit ketimbang New HSK. Sejak diluncurkannya New HSK pada bulan Maret 2010 yang sudah disesuaikan dengan Common European Framework of Reference for Languages (CEFR), membuat saya penasaran, dan akhirnya saya baru sempat mengikuti ujian New HSK ini pada tahun 2015 silam di Puhua School, dan pede aja, langsung mengambil level tertinggi, 6th level New HSK paper-based test, jadi bagian writing nya harus menulis manual pake tangan, sehingga banyak waktu terbuang untuk mengingat bagaimana menulis Hanzi nya. Kalau saja saya ikut yang computer-based, nilai writing saya pasti bisa lebih tinggi lho! Hehe... Bentuk sertifikat dari Old HSK dan New HSK seperti berikut ( both were on my first try ):




Kursus Singkat Belajar Mandarin sampai mahir


Cara mengetahui anda sudah belajar mandarin dengan cara yang benar


Cara untuk mengetahuinya simpel saja, bertanyalah pada diri sendiri apakah anda menikmati buku yang dipakai sebagai bahan ajar? Kalau anda tidak enjoy dengan textbook yang dipakai untuk belajar karena terlalu sulit, yang umumnya adalah karena anda mempelajarinya bukan sebagai bahasa asing/kedua, dapat dipastikan anda akan merasa bosan & kesulitan untuk menguasai bahasa ini, bahkan banyak pula yang kandas di tengah jalan hanya karena masalah pemilihan buku/materi yang tidak tepat.
  
Jadi kalau anda sudah belajar Mandarin sekian lama, terutama yang sudah lebih dari dua tahun dan belum mencapai HSK 4 yang telah disebutkan di atas, anda perlu mempertanyakan kembali keefektifan proses belajar anda. yang mungkin dikarenakan oleh hal-hal sbb:

  •  kehilangan semangat untuk belajar ( karena pemakaian textbook yang salah oleh guru yang mengajar Bahasa Mandarin sebagai bahasa native  )
  •  tidak ada lingkungan yang mendukung di rumah
  •  tidak mempunyai inisiatif untuk belajar selain dari bahan yang diberikan sekolah atau kursus
  •  tidak tahu cara mencari materi yang mendukung di internet
  •  tidak menggunakan Mandarin secara aktif dalam kehidupan sehari-hari


Meskipun ada yang berpendapat bahwa paling cepat dalam:
1 tahun belajar mandarin di Tiongkok, siswa bisa melewati HSK 4
2 tahun belajar mandarin di Tiongkok, siswa bisa melewati HSK 5
3 tahun belajar mandarin di Tiongkok, siswa bisa melewati HSK 6
Namun siswa kami mampu mengikuti tes dan lolos dalam waktu yang lebih singkat, bahkan hanya membutuhkan separuh dari waktu yang diperlukan di Tiongkok!


Kini anda memiliki banyak tawaran untuk mempelajari bahasa ini dengan gratis, baik menonton youtube ataupun join Whatsapp group; tetapi apalah artinya kalau anda sudah mempelajarinya sekian lama tanpa mendapatkan sertifikat HSK yang menjadi bukti penguasaan Bahasa Mandarin anda, yang semakin dituntut dalam dunia kerja sekarang? Oleh karena itu jangan membuang sia-sia waktu anda yang berharga dengan belajar bersama kami yang telah terbukti mengantarkan para muridnya mendapatkan sertifikat yang bergengsi ini!

 

Mengapa belajar Mandarin di MCP bisa begitu cepat?

Intinya adalah karena keunggulan kami, diantaranya yaitu:

1. Guru lulusan S1 Taiwan, bersertifikat HSK level tertinggi HSK6, berpengalaman lebih dari 20 tahun, bukan guru yang baru lulus dan mulai mengajar dan bukan sekedar lulusan terbaik China/ Taiwan. Bukan saja sebagai pengajar, kami juga adalah trusted translator.

2. Mampu mengajar 2 sistem Bhs Mandarin, baik Beijing maupun Taiwan.

3. Telah berbukti berhasil membimbing murid kami diterima di top ranking universities seperti National Tsing Hua University, National Cheng Kung University di Taiwan; maupun Beijing Normal University di China dll, bahkan di antara mereka ada yang belajar Mandarin dari nol. Bisa dilihat di instagram kami.

4. Hanya di MCP yang mampu mengajar anda dengan holistic approach system, dimana tidak ada bagian yang tidak penting, baik listening, reading, writing, speaking with standard pronunciation& tone maupun grammar. Tiga item terakhir adalah bagian yang sering diabaikan di tempat lain, Kalau anda sudah belajar bertahun-tahun dan belum mencapai HSK4, pastinya ada bagian penting yang diabaikan!

5. Jumlah murid kelas online/offline kami max hanya 3 orang per kelas, bahkan satu/dua orang pun sudah bisa dimulai. Perhatian guru terhadap setiap murid jauh lebih intensif.

6. Terbukti cepat dan efektif dalam mendapatkan sertifikat HSK; HSK3 dlm 36 sesi, HSK4 dalam 72 sesi dan HSK5 dalam 140 sesi (kurang dari setahun), dengan nilai HSK3&4 jauh di atas nilai KKM (180 ), sehingga sangat mendukung untuk kuliah lanjut atau dalam proses mencari pekerjaan. 


Are you up for the challenge? Sudah saatnya anda mencari solusi mengenai cara belajar Mandarin yang lebih efektif dari guru yang sudah berpengalaman mengajar lebih dari 20 tahun. Pengalaman mengajar kami akan mempermudah dan mempercepat proses pembelajaran anda. Lihat reviews beberapa murid kami disini.


Follow My IG

Tips mengikuti ujian HSK

Kursus HSK tercepat

Sukses HSK 3 mulai dari 0 hanya dalam 36X pertemuan

Cara belajar Mandarin lebih cepat dari belajar di China?
 
Mengapa HSKK penting?


Kursus Persiapan HSK Online

Kursus Percakapan Mandarin Online


 




4 comments:

  1. Menarik sekali. Sayangnya saya tinggal di Pulau Sumatera. Mungkin, jikaada rezeki, saya akan pindah ke Purwokerto dan mengikuti kursus bahasa Mandarin di tempat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman now belajar Mandarin tidak harus datang ke tempat kursus. Kami sudah sering membimbing murid yang akan mengikuti ujian HSK4 cukup Via Online saja. Hal ini membuktikan metode pembelajaran kami yang dapat diandalkan. :)

      Delete
  2. Replies
    1. Ada, memang sekarang jamannya online Pak. Hubungi saya Di sini

      Delete